Cara Membuat Nota Pembelian di Ms Excel



LANGKAH LANGKAH MEMBUAT NOTA PEMBELIAN DI EXCEL :


1.      Buat KOP yang berisikan nama perusahaan, alamat, no. Hp dan lain sebagainya.



2.      Buatlah judul nota itu sendiri, apakah nota penjualan atau nota pembelian.



3.      Buatlah nomor transaksi atau nomor penjualan secara manual.

Lalu jangan lupa membuat tanggalnya, dengan rumus “ =NOW()(pastikan anda di dalam Category Costum, dengan tipe “ dd/mmmm/yyy hh.mm “)



4.      Buatlah kolom notanya yang di dalamnya terdapat : no, nama barang, jumlah, harga satuan, dan jumlahnya.

Lalu isi nama barang dan jumlahnya secara manual.



5.      Diantara kolom nama barang dan jumlah ada kolom yang kosong, namu itu di gunakan untuk tabel pembantu “harga satuan”



6.      Selanjutnya isilah harga satuannya dengan rumus “ =D12&”/kg

D12 itu adalah kolom pembantunya.



7.      Lalu jumlahkan harga per itemya, yang di kali kan kolom bantuan dn kolom harga satuannya.

Rumus : “ D12*E12 “



8.      Totalkan semua penjualan dengan rumus : =SUM(G12:G16)



9.      Lalu buat tanda terima dan hormat kami, yang bagaimana tanda terima di isi oleh si pembeli dan hormat kami di isi dengan si penjual







10.  Untuk hasil yang lebih sempurna, maka kolom pembantunya kita sembunyiin. Caranya kolom bantuan itu kita blok.



11.  Lalu klik kanan dan pilih hide



12.  Maka kolom bantuan tersebut sudah disembunyikan.



13.  Untuk mengembalikan kolom bantuan tadi, terlebih dahulu kita blok kolom nama barang dan jumlah secara keseluruhan.



14.  Seterusnya, tekan kanan dalam pilih unhide

Komentar

Postingan Populer